BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarbaruPimpin Upacara Hari Pahlawan...

Pimpin Upacara Hari Pahlawan Pemko Banjarbaru, Dandim 1006/Banjar : Bersama Kita Kenang dan Hormati Perjuangan Pahlawan

Terbaru

Pemerintah Kota Banjarbaru menggelar upacara peringatan hari pahlawan 2022, Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam meraih kemerdekaan Indonesia, kegiatan ini digelar di Lapangan Murdjani, Kota Banjarbaru, Kamis (10/11/22).

Peringatan hari pahlawan yang ke-77 ini mengusung tema “Pahlawanku Teladanku” dihadiri oleh Walikota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin, unsur Forkopimda, seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Banjarbaru dengan peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Para ASN Banjarbaru.

Di akhir upacara tersebut, juga di laksanakan pawai budaya dan pagelaran seni. Berbagai pakaian adat dan pakaian profesi serta pagelaran seni dan budaya di tampilkan oleh anak Sekolah Dasar Negeri 1 Komet.

20221110 080758 scaled
suasana saat Upacara Peringatan Hari Pahlawan.(foto:teny)

Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin mengatakan, dengan memperingati hari pahlawan jadikanlah sebagai momentum untuk mewarisi semangat perjuangan para pahlawan. Para penerus bangsa harus tetap berjuang melalui berbagai aspek, baik di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dan terus membangun untuk bangsa dan negara.

“Semoga kita bisa mewarisi semangat dan perjuangan para pahlawan. Kita sebagai generasi penerus harus tetap berjuang dan harus tetap mempertahankan kemerdekaan,” tuturnya.

Komandan Kodim (Dandim) 1006/Banjar Letkol Inf. Imam Muchtarom selaku inspektur upacara dalam amanatnya membacakan amanat Menteri Sosial RI menyampaikan, bahwa hari pahlawan yang setiap tahun diperingati harus direnungkan dengan sungguh-sungguh untuk menemukan kembali semangat dan keikhlasannya dalam memperjuangkan kemerdekaan.

“para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan kita sangat layak untuk diperjuangkan. Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan dari pemberian siapapun melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

Ia menambahkan, pada masa sekarang bangsa Indonesia berada dalam perjuangan besar untuk menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata seperti pemanasan global yang memicu berbagai bencana alam serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih. 

“Hal ini harus terus diperjuangkan bersama dengan bersungguh-sungguh. Dengan memanfaatkan energi terbarukan dan memperkuat potensi lokal,” tuturnya.

Keteladan dari para pahlawan kiranya dapat menjadi semangat bagi penerus bangsa dan, diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa agar teru bersatu dan membantu sesama.

“Mari kita jadikan momentum peringatan hari pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain,” ucapnya.

Imam Muchtarom berharap, agar mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Jadikanlah semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan bersama. 

“Bersama kita kenang dan hormati perjuangan pahlawan,” tutupnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka