BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarDisnakertrans Gandeng TP PKK...

Disnakertrans Gandeng TP PKK Banjar Gelar Pelatihan Airguci

Terbaru

Belasan peserta ikuti pelatihan airguci yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banjar bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Banjar, di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Banjar, Rabu (21/9/2022) siang.

Ketua Dekranasda Banjar Hj Nurgita Tiyas yang membuka kegiatan pelatihan mengatakan, produk kerajinan arguci ini dijadikan produk unggulan. Rencananya akan ditawarkan kepada para tamu perhelatan MTQ nasional Oktober mendatang. 

“Tamu diarahkan untuk mengunjungi stand expo MTQ nasional di RTH Ratu Zalecha,” katanya.

Nurgita Tiyas menjelaskan, melalui Dinas Tenaga Kerja menginginkan masyarakat memiliki keahlian atau keterampilan, salah satunya kerajinan arguci yang bisa dijadikan lapangan pekerjaan dan mendukung visi misi kepala daerah.

“Keterampilan tersebut merupakan salah satu pilihan dari penciptaan lapangan pekerjaan termasuk ke dalam visi dan misi Bupati Banjar untuk menciptakan 15 ribu lapangan pekerjaan baru,” jelasnya.

Ia berharap selaku mitra dari pemerintah daerah agar kebijakannya bisa merekomendasikan kepada pihak swasta, perhotelan dan kantor-kantor sebagai konsumennya. 

“Produk kerajinan arguci ini bisa diletakkan di lobi atau ruang tamu dengan bentuk yang lebih variatif lagi,” harapnya.

Kepala Disnakertran I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan, peserta pelatihan berasal dari Kota Martapura sebanyak 15 orang yang akan dilatih selama 5 hari.

Nyoman berharap mereka bisa terampil setelah dilatih selama 5 hari dengan menghasilkan karya-karya arguci yang diminati masyarakat dan dapat menjadi sumber penghasilan.

Selain pelatihan arguci pihaknya juga melaksanakan pelatihan beragam. Tahun ini ada 15 kegiatan diantaranya pelatihan elektronik, tata boga, menjahit dan tata rias.

“Pelatihan yang kita laksanakan bertujuan untuk mendukung visi dan misi Bupati Banjar, guna menciptakan 15 ribu lapangan kerja baru,” pungkasnya.

Kegiatan Pelatihan tersebut turut disaksikan Camat Martapura Muhammad Ramli dan  Nanang Galuh Intan Banjar.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka