BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarAlat Kelengkapan DPRD Banjar...

Alat Kelengkapan DPRD Banjar Ditetapkan, Meski Komisi IV Kosong

Terbaru

Martapura – Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar dengan agenda pengesahan perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan pembentukan Pansus LKPJ digelar pada Rabu (6/4/2022).

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Banjar Akhmad Rizanie Anshari ini bertujuan untuk menetapkan anggota yang menduduki alat kelengkapan dewan yakni Komisi-Komisi, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK).

Namun rapat yang berlangsung sejak jam 11.00 Wita ini berjalan cukup alot karena terjadi lebih dari 7 kali skorsing dan baru berakhir sekitar pukul 16.30 Wita karena sempat ada ketidaksepakatan diantara anggota dewan.

Anggota DPRD Banjar Fraksi Demokrat Saidan Fahmi mengatakan pembentukan alat kelengkapan dewan harus selesai hari ini. 

“Alat kelengkapan dewan itu selama 2 tahun setelah atau 2 tahun 6 bulan, dan besok tanggal 7 April 2022 surat keputusan sudah berakhir dan hari ini harus selesai,” ungkapnya.

Kalau kali ini tidak disahkan ujarnya, maka akan berakibat dengan tidak bisa bekerjanya kelengkapan DPRD Kabupaten Banjar.

Akhirnya perubahan AKD tersebut berhasil disepakati, namun ada 1 Komisi yang pimpinannya tetap kosong, yakni pimpinan Komisi IV. 

Selain itu juga ada pergeseran keanggotaan di dalam komisi, selain perubahan pimpinan, misalnya Ketua Komisi II yang sebelumnya dijabat Pribadi Heru Jaya kini digantikan M. Zaini dari Fraksi Kebangkitan Demokrasi Indonesia (FKDI). 

Sementara itu Pribadi Heru Jaya pindah ke Komisi III dan menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPRD Banjar.

Di akhir rapat paripurna pun dibentuk pula Pansus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Banjar Tahun 2021 yang diketuai oleh Abdul Razak anggota DPRD Banjar dari Fraksi Golkar.

Berikut adalah susunan AKD DPRD Kabupaten Banjar yang baru :

1. Komisi I

Ketua : Abdul Razak (Fraksi Golkar)

Wakil Ketua : Marbawi (Fraksi Demokrat)

Sekretaris : Lauhul Mahfudz (Fraksi Nasdem)

2. Komisi II

Ketua : M. Zaini (Fraksi FKDI)

Wakil Ketua : Ahmad Sarwani (Fraksi Nasdem)

Sekretaris : Mukarramah (Fraksi Golkar)

3. Komisi III

Ketua : Mulkan (Fraksi PPP)

Wakil Ketua : Pribadi Heru Jaya (Fraksi FKDI)

Sekretaris : Rusmini (Fraksi Demokrat) 

4. Komisi IV : Kosong

5. Banggar DPRD

Ketua : M. Rofiqi

Wakil Ketua : Agus Maulana, Akhmad Rizanie Anshari dan Akhmad Zacky Hafizie.

Anggota : Fitriyah, Mulkan, Ratu Juriah, Rahmad Saleh, Abdul Razak, Ahmad Sarwani, Derwana Farmei Folles, M. Zaini, Ratna Hartati, Yunita Ningsih, Hasan Hamdan, M. Yunani, Soraya, M. Syahrin, Irwan Bora, Syarkawi, Saidan Pahmi, dan Marbawi.

6. Bamus DPRD

Ketua : M. Rofiqi

Wakil Ketua : Agus Maulana, Akhmad Rizanie Anshari dan Akhmad Zacky Hafizie.

Anggota : Siti Zulaikha, Rusdiana, Rahmad Saleh, Ratu Juriah, Warhamni, Abdussaman, Wahyudin, Pribadi Heru Jaya, Diah Mihatri Bidaniar, Ratna Hartati, Herlina Anggraini, Ahdiat Nurhan, Hamdan, Syarifah Sakinah, M. Iqbal, Helda Rina, Rusmini, dan Ismail Hasan.

7. Bapemperda DPRD

Ketua : Saidan Pahmi

Wakil Ketua : Rahmad Saleh

Anggota : M. Zaini (PKB), Mukarramah, Lauhul Mahfudz, Mardani, Hamdan, M. Zaini (FKDI), Hermani, Ruslan, dan Irwan Bora.

8. Badan Kehormatan (BK)

Ketua : Abdussaman

Wakil Ketua : Ratu Juriah

Anggota : Wahyudin, Rusmini, dan Siti Zulaikha

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka