BerandaHabar Provinsi KalselHabar BalanganPerjuangan Tenaga Kesehatan Di...

Perjuangan Tenaga Kesehatan Di Desa Libaru Sungkay Halong

Terbaru

BALANGAN,- Dengan berjalan kaki selama berjam – jam jajaran Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Uren berikan vaksinasi dan pelayanan kesehatan di Libaru Sungkay anak Desa Binuang Santang Kecamatan Halong Kabupaten Balangan.

Mereka menyusuru jalan utama dari Puskesmas dengan menggunakan armada Ambulan serta kendaraan roda dua jenis trail selama sekitar 1 jam lamanya, sampai di titik yang sudah tidak dapat di lalui oleh kendaraan roda 4.

Maka dengan penuh semangat untuk memberikan pelayanan kesehatan sebagai tugas dan kewajiban mereka, rombongan harus rela menempuh sisa perjalanan dengan berjalan kaki yang setidaknya harus mereka susuri selama sekitar 2 setengah jam lamanya.

Dalam rombongan turut serta sejumlah Personil Kepolisian dari Polsek Halong Polres Balangan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Danramil 1001-12/Halong dan Kepala Desa beserta jajaran Perangkat Desa setempat.

Pemantauan dari habarkalimantan.com , setibanya mereka di Balai adat Desa Libaru Sungkay, di mana tempat tersebutlah yang akan mereka tinggali selama berada di RT 3 Desa Binuang Santang tersebut, pihak Nakes langsung memberikan vaksinasi dan pelayanan kesehatan.

Tidak hanya itu, vaksinasi dan pelayanan kesehatan sendiri, berlanjut hingga malam hari, sedidaknya mereka bekerja hingga pukul 22.00, karena tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, hal tersebut tentu menjadi penghargaan tersendiri bagi mereka.

Mengingat beratnya medan yang sudah mereka lewati hingga bisa sampai di lokasi, dengan menyusuri medan menanjak dan terjal, belum lagi factor alam seperti hujan yang berakibat pada becek dan licinnya jalan yang notabennya hanya tanah dan sebagian di cor semen.

Masyarakat setempat tentunya berterimakasih kepada Jajaran UPT Puskesmas Uren Kecamatan Halong, karena mereka reda menempuh perjalan jauh hingga bisa memberikan vaksinasi dan pelayanan kesehat kepada mereka.

“Kami bersukur dengan kedatangan rombongan Puskesmas halong kemari, untuk memberikan vaksinasi dan pelayan kesehatan kepada kami,” tutur Muhaw (50) Warga Libaru Sungkay usai merima vaksin dari Nakes, senin (13/12/2021) malam.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan dengan kedatangan pihak UPT Puskesmas langsung ke Desa mereka, tentu di manfaatnya dirinya serta warga lainnya untuk mendapatkan suntik vaksin covid-19 dan menerima pelayan lainnya.

Senada, Kepala Desa Binuang Santang, Aliansyah mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan langsung ke Dinas Kesehatan agar vaksinasi bisa di berikan langsung dengan cara mendatangi mereka ke Desa Libaru Sungkay.

Sehingga, hal tersebut dapat memudahkan warganya untuk menerima vaksin karena tentunya masalah akses baik untuk bepergian dan menuju Desa tersebut sangatlah berat dan sulit, belum lagi permasalahan armada untuk bepergian sendiri.

“Hal ini kami usulkan, untuk bisa mempermudah masyarakat kami agar mendapatkan vaksin yang langsung di datangi pihak UPT Puskesmas Uren ke lokasi,” katanya kepada Wartawan.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Uren, Rahmat Yuliansyah menerangkan bahwa untuk Desa Bunuang Santang sendiri, khususnya RT 1 dan 2 sebelumnya sudah tercover, sehingga tinggal RT 3 atau Desa Libaru Sungkay lah yang masih belum tercover.

Lebih lanjut, berbicara soal vaksinasi, menurutnya di Desa Binuang Santang sendiri jika di persentasekan maka Desa Libaru Sungkay yang merupakan anak Desanya menampung sebanyak 25 persen total target capaian vaksinasi dari 70 pesen yang di canangkan.

“Sasaran masyarakat umum 69 orang dan Pelajar ada 18 orang sudah di vaksin,” terangnya.

Selain itu, ia mengungkapkan masyarakat di Desa tersebut sangat antusias untuk menerima vaksin serta pelayanan kesehatan lain, karena sebelumnya pihaknya juga sudah memberikan sosialisasi mengenai vaksinasi.

“Masyarakat di sini sangat besar antusiasnya untuk menerima vaksinasi,” tungkasnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka