BerandaEkonomiSekretaris Daerah Kotabaru Buka...

Sekretaris Daerah Kotabaru Buka FGD Inflasi dan Statistik Harga Dengan BPS

Terbaru

Badan Pusat Statistik Kabupaten kotabaru (BPS) menggelar focus group discussion (FGD) terkait inflasi dan statistik harga kabupaten kotabaru,berlangsung di Ballroom hotel grand surya dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah H.Said Akhmad,MM, Rabu (01/11/2023).

“Di Bulan September 2023 terjadi inflasi 0,34% dengan indeks harga konsumen sebesar 122,97, Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di kotabaru antara lain angkutan udara, beras, rokok kretek filter, bensin dan kacang panjang,” Beber Sekda.

Sekretaris Daerah Said Akhmad juga mengatakan kegiatan FGD ini pihaknya berharap menjadi momentum yang tepat untuk menyamakan persepsi di antara semua stakeholder yang ada dalam meningkatkan literasi mengenai angka inflasi dan strategi penanganan inflasi di kabupaten kotabaru.

“Di sini kita melihat perlu keterlibatan semua pihak, karena kondisi angka inflasi yang tinggi dan tidak stabil memberikan dampak negatif terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat,” ajaknya.

Selain itu menurutnya, Sinergi semua stakeholder merupakan kunci utama selain juga menjadi inflasi ini sebagai isu prioritas yang harus ditangani dan dikendalikan secara bersama-sama.

“Dengan FGD dan materi dari beberapa narasumber hari ini, secara tidak langsung juga merupakan bentuk komunikasi publik kita agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang di tengah inflasi yang tidak stabil. Kepada TPID, juga agar selalu aktif dan konsisten dalam melaksanakan fungsi pengawasan, serta mengintensifkan jaring pengaman sosial,” tambah Sekda.

Narasumber pada FGD inflasi dan statistik harga kabupaten kotabaru adalah Tim pengendalian inflasi daerah (TPID)kotabaru dari Diskoperindag Ir.H.Hardani, M.Si dari BPS Provinsi Kalsel Yuriadi Ilmi,SST dan BPS Kota Banjarmasin Pratiwi Agustiana, SST, Serta dihadiri Ketua BPS Kotabaru Kepala SKPD dan instansi terkait lingkup pemkab kotabaru

Penulis : M.Nasaruddin

Editor : AS apemil

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka