BerandaHabar UtamaCegah Penyebaran Virus Corona,...

Cegah Penyebaran Virus Corona, ASN dan Anggota DPRD Dilarang Keluar Daerah

Terbaru

Rapat koordinasi Pemkab Banjar, DPRD Banjar dan lembaga terkait lainnya, telah menghasilkan suatu keputusan yakni dimana dalam mencegah atau menghindari masuknya wabah virus Corona ke Kabupaten Banjar, maka ASN utamanya pejabat eksekutif, juga anggota DPRD Banjar dilarang melakukan kunker ke luar daerah.

Hal itu turut ditegaskan Bupati Banjar H. Khalilurrahman usai memimpin rakor di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar, Senin (16/3/2020). Menurutnya, dalam mencegah wabah Virus Corona masuk ke Kabupaten Banjar mesti segera mengambil tindakan, salah satunya dengan upaya terdekat, yakni dengan melarang ASN (pejabat) dan juga anggota DPRD Banjar untuk kunker ke luar daerah.

Disamping itu Ketua DPRD Kabupaten Banjar M. Rofiqi menambahkan,”Sesuai dengan keputusan Bapak Bupati bahwa pejabat ASN dilarang ke luar daerah selama dua hingga tiga pekan kedepan sejak besok (Selasa). Hal itu guna mencegah pejabat bisa tertular virus, maka kebijakan tersebut diambil. Kami pun mengikuti, sehingga dalam waktu segera jadwal kunker ke luar daerah juga akan kami revisi,” ujar Ketua DPRD Banjar M Rofiqi yang juga mengikuti rapat koordinasi tersebut.

Rofiqi yang kala jumpa pers didampingi Heru Pribadi menambahkan, dirinya bahkan sempat melakukan kontak dengan bupati via telepon, mengusulkan agar sekolah pun diliburkan. Namun, langkah realistis adalah menghimbau masyarakat untuk tidak bepergian keluar daerah jika tidak terlalu penting. “Selain itu, untuk pencegahan, Dinkes Banjar dan rumah sakit supaya menyiapkan peralatan diagnosa virus Corona, supaya pasien suspect Corona bisa segera tertangani dengan cepat dan tidak meluas penyebarannya.

“Corona menjangkiti melalui bekas batuk atau bersin, dan gejalanya seperti flu biasa. Langkah termudah pencegahan ialah mengurangi kontak di keramaian, dan rajin cuci tangan dengan sabun maupun handsanitizer,”pungkasnya.

Mengingat virus corona yang tengah mewabah di sejumlah Provinsi di Indonesia, untuk itu pencegahan demi pencegahan terus dilakukan agar wabah virus corona tidak sampai menyebar di Kabupaten Banjar.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka