BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarDispersip Gelar Lomba Bercerita...

Dispersip Gelar Lomba Bercerita Meriahkan Harjad Ke-72 Kabupaten Banjar

Terbaru

Dalam rangka menuju hari jadi (Harjad) Kabupaten Banjar yang ke-72, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Instansi-Instansi Daerah menyelenggarakan berbagai macam kegiatan salah satunya yakni berbagai perlombaan untuk memeriahkan peringatan harjad kali ini. 

Salah satu perlombaan yang digelar Pemkab Banjar yakni Lomba Bercerita Siswa-Siswi Sekolah Dasar/ Sederajat Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Banjar,  Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Perwakilan dari Kepala Kementerian Agama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi Kalsel, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjarmasin, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru, Kepala Dinas Instansi Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Banjar, Dewan Juri serta 13 peserta lomba dari 13 Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar.

IMG 20220714 WA0042

Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur mengaku sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar ini.

“Saya mengapresiasi lomba bercerita ini, tentu kebanggaan bagi kami, anak-anak ku yang berada disini memiliki mental yang baik untuk mengikuti kegiatan ini, karena tidak semua anak-anak berani mengikuti kegiatan pada hari ini, termasuk juga kepada pendamping, semua pihak yang terlibat saya sangat mengapresiasi dan semoga dari kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk lombanya saja tapi keaktifan bagi anak-anak dan didukung juga oleh wali murid, orang tua diharapkan sering mengajak anaknya berkunjung ke perpustakaan di setiap daerahnya,” Ucap Saidi.

IMG 20220714 WA0041

Sementara itu, dikatakan Dr.Ir.Hj. Galuh Tantri Narindra,S.T.,M.T. jika Tujuan dari lomba bercerita inipun untuk membangkitkan semangat literasi masyarakat khusus nya pada anak-anak di Kabupaten Banjar. 

“Tujuan dari lomba bercerita ini yang pastinya untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bahan bacaan, terus juga menarik minat baca anak anak melalui buku buku cerita lokal, memperkenalkan budaya bangsa juga melalui cerita agar terbentuk karakter kebangsaan nya, menumbuhkan kecintaan akan budaya nasional dan pasti nya lagi agar melatih anak anak untuk hidup cerdas, bermental kreatif dan berjiwa kompetensi,” Ucap Galuh Tantri.

Galuh juga mengatakan, bahwa pentingnya minat baca ini agar kedepan  anak-anak bisa mengetahui banyak hal yang nanti akan bermanfaat bagi kehidupan mereka.

“Literasi itu kan pemahaman tentang dunia bukan tentang akademis saja, jadi kedepannya mereka mengetahui banyak hal yang tujuannya nanti bagaimana mereka memenuhi kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan jadi melalui kegiatan-kegiatan ini kami harapan bisa meningkatkan kegemaran membaca dan meningkatkan literasi membaca khususnya di Kabupaten Banjar,” Ungkapnya.

IMG 20220714 WA0043

Sementata itu, kebahagiaan turut diungkapkan oleh Dhesti Nadya Syafira murid kelas 5 SD sekaligus salah satu peserta lomba yang mewakili SDN Simpang Empat 1, Dhesti mengaku antusias juga sangat tertarik dengan adanya lomba bercerita ini.

“Saya sangat senang sekali, karena saya juga suka bercerita, dan saya berharap saya bisa terus memberikan yang terbaik untuk saya dan sekolah saya,” akuinya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pengukuhan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Banjar.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka