BerandaHabar Provinsi KalselHabar BalanganPolres Balangan Melakukan Kegiatan...

Polres Balangan Melakukan Kegiatan Dialog Masyarakat Cegah Kriminalitas dan Pertambangan Liar

Terbaru

Kepolisian Resor (Polres) Balangan melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) rutin melaksanakan kegiatan dialogis dengan masyarakat hingga ke pelosok desa Kabupaten Balangan untuk mencegah kriminalitas dan pertambangan ilegal.

Upaya ini dilakukan untuk mencegah dan memberantas segala bentuk tindakan kriminal, khususnya di daerah rawan kriminalitas.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan secara bergilir. Kita mendatangi rumah-rumah warga dan tempat-tempat yang dianggap rawan sisi kriminal untuk memberikan pengetahuan hukum secara singkat serta untuk mencegah tindakan kriminalitas,” kata Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK saat ditemui Komunitas Wartawan Sanggam (Kowas) di ruang kerjanya, Selasa (20/9/2022).

Menurut Kapolres, Satuan Binmas juga ikut membantu memberikan penjelasan kepada warga untuk menumbuhkan kesadaran diri masing-masing warga agar mereka mau terlibat dalam upaya mencegah dan membasmi berbagai bentuk gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah masing-masing.

“Dengan pengetahuan yang sudah kita berikan, warga diharapkan mampu untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal mereka sendiri,” katanya.

Selain itu, tambah dia, warga juga diharapkan mampu untuk menularkan pengetahuan hukum yang sudah diberikan kepolisian kepada warga lain di sekitar tempat tinggal mereka sehingga warga lain juga secara sadar ikut serta menjaga kamtibmas di lingkungannya.

Kapolres Balangan menilai tingkat kerawanan kriminal di Kabupaten Balangan masih hijau. Walaupun saat ini ada peningkatan beberapa kasus seperti pencurian biasa dan pencurian pemberatan yang terjadi pada malam hari, namun kenaikan tingkat kriminal dari bulan per bulan tidak signifikan karena ada penyelesaian perkara yang sudah ditangani jajaran Polres dan Polsek serta peran serta masyarakat dalam memberikan informasi aktif ke Polres Balangan.

Lebih lanjut, Kapolres AKBP Zaenal Arifin SIK menjelaskan, adapun wilayah yang rawan kriminal di Bumi Sanggam saat ini berada di wilayah Kecamatan Paringin dan Awayan.

“Selain peningkatan kriminal, saat ini Balangan juga menjadi lintasan ataupun persinggahan dari adanya peredaran narkoba,” lanjutnya

Selain itu Kapolres Balangan sangat melarang keras adanya tambang ilegal yang dilakukan oleh masyarakat apalagi di wilayah Kabupaten Balangan itu sendiri.

“Kami dari Polres Balangan sangat melarang keras kepada warga yang berani membangun tambang ilegal, yang mana nantinya akan membuat rugi daerah. Kami juga siap untuk menuntaskan semisalnya ada yang membangun tambang ilegal di Kabupaten Balangan” jelasnya

Ia juga menambahkan dengan adanya pertambangan ilegal, bukan hanya merugikan daerah tapi merusak lingkungan dikarenakan pertambangan ilegal itu sendiri tidak memenuhi prosedur sesuai peraturan pertambangan.

“Selain merugikan daerah, pertambangan ilegal tersebut bisa merusak lingkungan kita, apalagi namanya ilegal pasti tidak pernah memenuhi prosedur pertambangan yang telah diatur oleh undang-undang,” Tutupnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka