BerandaHabar Provinsi KalselHabar BalanganMenkumham apresiasi usulan Pemkab...

Menkumham apresiasi usulan Pemkab Balangan atas usulan pendirian Kantor Keimigrasian

Terbaru

BALANGAN – Wakil Menkumham RI Prof Edward Omar Sharif Hiariej, menyambut dan merespons baik usulan pembentukan Unit Kerja Kantor (UKK) Keimigrasian oleh Pemkab Balangan, yang mana UKK keimigrasian ini untuk memperluas pelayanan keimigrasian di wilayah Kalimantan Selatan.

Bertemu Bupati Balangan, H Abdul Hadi, ia menyampaikan apresiasi atas apa yang di usulkan oleh Pemkab Balangan tersebut.

“Tentu kita memberikan apresiasi terhadap kesungguhan Pemkab Balangan dalam pembentukan UKK Keimigrasian ini di Balangan, dan akan kita dukung penuh,” ucapnya, Rabu (2/3).

Dalam pertemuan itu, Bupati Balangan H Abdul Hadi didampingi Ketua DPRD Balangan dan Plt kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan.

Dalam audiensi ini, Bupati Balangan menyampaikan progres yang sudah disiapkan Pemerintah Kabupaten Balangan dalam hal pembentukan Unit Kerja Kantor (UKK) Keimigrasian Balangan.

Ada tiga point yang disampaikannya, yaitu Pemkab Balangan sudah melaksanakan perencanaan pemberian hibah atas lahan yang akan digunakan sebagai Kantor Imigrasi, yakni eks kantor Dinas Koperasi dan UMKM Balangan, serta penganggaran sarana prasarana sudah 90 persen diakomodir di APBD Murni tahun anggaran 2022.

Kemudian poin yang kedua, untuk mengenalkan lebih awal kehadiran UKK Keimigrasian di Kabupaten Balangan telah dilaksanakan layanan awal dengan dasar Perjanjian Kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Balangan dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, tentang Penyelenggaraan Pelayanan Penerbitan Paspor Biasa dengan Jangka Waktu Terbatas di Kabupaten Balangan.

“Selama dua bulan beroperasi, jumlah pemohon paspor total sebanyak 63 orang,” paparnya.

Pemohon pun, kata dia, tidak hanya yang berdomisili di Kabupaten Balangan, namun tercatat ada juga pemohon yang berasal dari kabupaten tetangga yakni Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah dan ada juga pemohon dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Poin ketiga, H Abdul Hadi berharap kesediaan Menkumham untuk Tahun secara langsung ke Balangan guna meresmikan UKK di Balangan yang juga dirangkaikan dengan puncak hari jadi Kabupaten Balangan yang ke-19.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka