BerandaHabar Provinsi KalselHabar BalanganDKPPKB Gelar Jambore Kader...

DKPPKB Gelar Jambore Kader Hingga Launching Kampung KB

Terbaru

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) gelar kegiatan Jambore Kader KB dan Launching Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) dalam rangka HUT Kabupaten Balangan ke-20 dan Hari Keluarga Nasional ke-30, Rabu (31/05/23).

Kegiatan tersebut bertempat di lapangan terbuka Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Balangan.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Balangan, Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Ramlan, Forkopimda, Ketua TP PKK Balangan, Ketua GOW, Ketua Persatuan Dharma Wanita , Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Kepala SKPD Lingkup Balangan, turut hadir dalam kegiatan ini Kader KB se-Kabupaten Balangan serta Duta GenRe Kabupaten dan Tingkat Desa di Kabupaten Balangan.

Kegiatan diawali dengan yel-yel dan tarian dari perwakilan kader KB dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Balangan. Para perwakilan kader tampak semangat dalam menampilkan yel-yelnya, ada yang menari ada juga yang sambil bernyanyi.

Bahkan dalam kegiatan tersebut ada perwakilan kader dari Desa Maradap Kecamatan Paringin Selatan yang membacakan Puisi khusus Bunda Sri Hadi, sebagai wujud apresiasi dalam pengabdian nya terhadap Kabupaten Balangan.

Ketua panitia kegiatan, H Akhmad Nasa’i yang juga merupakan Kadis KPPKB Balangan, mengatakan ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan hari ini, selain Jambore Kader KB yang tentunya berkaitan dengan keluarga berencana dan berkualitas, selain itu juga terkait stunting dan bagaimana kontribusi daerah untuk mendukung program keluarga berkualitas dengan menyiapkan Kader KB, Duta Genre mulai dari Kabupaten sampai Desa, hingga program-program kesehatan lainnya.

Menurutnya, Kabupaten Balangan memiliki ratusan Kader yang siap memberikan konseling dan layanan dalam hal keluarga berkualitas baik dari segi gizi, program reproduksi dan juga KB.

“Hal ini merupakan salah satu upaya kami dalam menurunkan tingkat stunting dan juga kesehatan Ibu dan anak di Kabupaten Balangan, selain itu juga nanti untuk Kabupaten Balangan sudah sepenuhnya menjadi Kampung KB dengan launching 115 Desa hari ini setelah sebelumnya kami telah melaunching 40 Desa, dan kepada Kader KB, kami juga telah menaikkan honor 300 persen sehingga dapat menambah semangat para Kader dalam mendukung dan menjalankan program Keluarga Berkualitas”, Ujar Akhmad Nasa’i

Sementara itu Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Ramlan mengapresiasi kegiatan ini dan kinerja pemerintah Kabupaten Balangan dalam menurunkan angka stunting senada dengan apa yang tertuang dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 mengenai komitmen seluruh pihak mulai dari Kementrian, Lembaga sampai dengan Pemerintah Kabupaten Kota, bahkan Pedesaan dalam menurunkan angka stunting.

“Kita ketahui bersama, Kabupaten Balangan pada tahun 2021 mencapai angka 30 persen, kemudian pada tahun 2022 turun 5 persen, tertinggi dalam penurunan stunting. Di Balangan dari 32,3 persen menjadi 29,8 persen. Dulu angka stunting tertinggi menembus angka 50 persen, berkat pemerintahan bupati sekarang turun menjadi 29,8 persen”, ucap Ramlan.

Bupati Balangan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak, menurut Bupati terkait penanganan dan pencegahan stunting di Kabupaten Balangan menjadi tanggungjawab mulai dari pihak pemkab sampai desa.

“Kami akan naikkan lagi Honor Kader KB jika dapat menurunkan kembali angka stunting di Kabupaten Balangan, dan kami berharap Semangat kita tetap membara dan kita targetkan tingkat stunting harus dibawah rata-rata Provinsi Kalimantan Selatan”, tutup Bupati.

Sebagai penutup pada kegiatan ini juga diberikan ratusan telur, bingkisan serta makanan gizi kepada ibu-ibu hamil dan menyusui, serta pemberian penghargaan kepada Kampung maupun Kader KB berprestasi kategori daerah ataupun nasional. 

Pewarta: Muhammad Fadillah.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka