BerandaEkonomiPengguna QRIS Kaltim Meningkat...

Pengguna QRIS Kaltim Meningkat Tajam

Terbaru

SAMARINDA. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), penggunaan Kanal Pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Kaltim mencapai 642.000 pengguna hingga September 2023.

Informasi ini diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BI Kaltim, Budi Widihartanto, kepada awak media, pada Rabu (15/11).

Budi menjelaskan bahwa, nilai transaksi dengan QRIS di Kaltim telah mencapai Rp 268,5 miliar hingga Oktober 2023.

“Peningkatan pengguna QRIS yang signifikan ini menjadikan Kaltim sebagai salah satu wilayah dengan jumlah pengguna QRIS terbanyak di Pulau Kalimantan dalam beberapa tahun terakhir, ” ujarnya kepada awak media.

BI Perwakilan Kaltim berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/ota di wilayah ini guna meningkatkan adopsi QRIS, khususnya di kalangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Meskipun terdapat peningkatan yang signifikan, Budi menyebutkan bahwa masih banyak pelaku UMKM, terutama pedagang kecil di pasar-pasar, yang belum memanfaatkan QRIS.

Oleh karena itu, BI akan terus melakukan sosialisasi dengan melibatkan pemerintah setempat, termasuk pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota.

“Kebijakan dan inovasi terkait QRIS diarahkan sebagai langkah awal ke ekosistem digital bagi UMKM, bertujuan mendukung inklusi dan konektivitas, ” bebernya

Dengan fitur yang lebih lengkap, harga yang terjangkau, serta cakupan yang lebih luas hingga mancanegara, QRIS diharapkan menjadi solusi bagi pertumbuhan ekonomi di kalangan pelaku UMKM.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka