BerandaEkonomiHarga Bapok Naik Menjelang...

Harga Bapok Naik Menjelang Akhir Tahun, Pedagang Pasar Keluhkan Sepi Pengunjung

Terbaru

Adanya kenaikan harga bahan pokok dan bahan pangan mulai dirasakan oleh penjual serta pembeli, terlebih menjelang akhir tahun dan hari raya Natal. 

Pasar Ulin kota Banjarbaru ini merupakan pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Landasan Ulin, menurut hasil survei di lapangan bahwa harga bahan pokok seperti Minyak, Gula merah, Bawang, dan telur mengalami kenaikan. 

Adanya kenaikan tersebut membuat salah satu pembeli, Mama Fany (48) merasakan kenaikan harga tersebut sejak 2 minggu lalu. 

“Karena keseharian saya sebagai penjual lalapan, dampak dari kenaikan harga itu terasa sekali mulai dari tomat, cabai, bawang semua nya naik,” Ungkap mama fany, Kamis (14/12/23). 

Mama Fany juga menyebut jika tidak bisa mengurangi pembelian bahan tersebut karena memang sudah memiliki takaran sendiri untuk keperluan warung lalapan nya. 

Sementara itu, Ibu Rifka (56) salah satu pedagang sembako di pasar ulin juga mengatakan bahwa kenaikan harga ini sudah terjadi sekitar setengah bulan lalu. 

“Harga minyak naik sekitar Rp.1.000 per liter tergantung merk, namun untuk minyak curah tetap, begitupun gula pasir dari harga Rp.17 Ribu naik menjadi Rp.18 Ribu per kilogram, gula merah, bawang merah dan putih ikutan naik,” Jelas nya. 

Ibu rifka berharap agar harga ini diturunkan, apalagi toko ini menjadi mata pencaharian utama. 

“Karena kenaikan harga tersebut membuat kami para pedagang jadi sepi pemasukan karena berkurang nya pembeli yang datang, saya juga harus memikirkan keperluan sehari-hari, kebutuhan biaya sekolah Anak,” Keluh ibu rifka.

Di tempat yang sama, Salah satu pedagang Ibu Pete (61) mengatakan, Harga bawang merah yang sebelumnya di angka Rp.28.000 sekarang naik jadi Rp.32.000 per kilo, dan untuk Bawang Putih yang semula Rp.26.000 naik menjadi Rp.36.000 per kilo. 

“Gula merah semula Rp.18 ribu naik Rp.20 ribu dan untuk harga telur di harga Rp.29 ribu sampai Rp.30 ribu,” Mama Agus salah satu Pedagang. 

Salah satu toko beras di pasar ulin juga menyampaikan, bahwa Jenis beras Lopo Ijo per 25 Kilogram dari harga Rp.295.000 sekarang naik jadi Rp.385.000, jenis beras Unus di bandrol dari harga sekitar Rp.15.000an per liter, dan beras Siam Rp.13.000 per liter.

Penulis : Yanti

Editor : AS Pemil

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka