BerandaKebakaranKebakaran Komplek Sa'adah, Api...

Kebakaran Komplek Sa’adah, Api Lahap Rumah dan Bedakan

Terbaru

Masih Kecamatan Martapura,selang beberapa jam Kebakaran di Indrasari lagi Lagi Si Jago Merah kembali beraksi. Kali ini sebuah permukiman di Jl. A. Yani Km 39 Komplek Sa’adah 1 Rt 10 Desa,Sungai Paring jadi santapan. Kebakaran terjadi pada dini hari Jumat (12/08/2022) pukul 02:27 dan dilaporkan melalui Via WAG oleh petugas DPKP Kab.Banjar.

Kronologi terjadi nya Kebakaran juga masih sama lagi lagi karena Konsleting arus listrik dan tak cuma Rumah yang ludes terbakar tapi 2 buah bedakan juga ikut terbakar. Seperti yang disampaikan oleh Kasi Pemadam Kebakaran, Penyelamatan dan Evakuasi DPKP Kabupaten Banjar, Gusti Yudhi.

“Penyebab kronologi kebakaran ini masih dikarenakan adanya konsleting arus pendek listrik dan bangunan yang terbakar juga cukup banyak,” tuturnya.

“Lebih detail nya ada 1 Buah Rumah (Mengalami Rusak Total, 1 Buah Bedakan 4 Pintu (Mengalami Rusak Total ) dan 1 Buah Bedakan 3 Pintu (Mengalami Rusak Total). Untuk kepemilikan bangunan Rumah yaitu Rumah milik Habib Usman (Rumah Kosong),  Pemilik Bedakan 3 Pintu Indar 1 KK 2 dan Pemilik Bedakan 4 Pintu, Aminah (-+ 90 tahun) 1 KK 2 Jiwa,” sambung Yudhi.

Dari kejadian kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik ini Yudhi, berharap agar masyarakat harus lebih memperhatikan lagi arus listrik yang berada di tempat tinggal nya agar bisa meminimalisir musibah kebakaran yang dikarenakan arus listrik pendek.

“Saya berharap agar warga sekitar khusus nya di Kecamatan Martapura agar lebih hati hati, dan saya juga menghimbau untuk masyarakat agar melakukan pengecekan rutin/ berkala instalasi listrik bagian dalam rumah kepada Instalatir terpercaya , tidak menumpuk sambungan/ colokan pada bagian stop kontak utama terus melepas semua stop kontak utama apabila peralatan/ barang elektronik sedang tidak dipergunakan dan terakhir jika ada indikasi terjadi konsleting listrik bagian dlm rumah segera hubungi pihak instalatir, apabila ada gangguan pada jaringan PLN hingga pada perangkat Meter listrik segera hubungi PLN” himbau nya.

Dalam Upaya penanganan api, Yudhi mengerahkan Petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan langsung menuju lokasi menggunakan 1 unit fire truck 102.

“Setelah menerima informasi petugas langsung menuju lokasi terjadinya kebakaran yang berada di komplek sa’adah 1 dengan mengerahkan 1 buah unit fire truck 102 dan melakukan pembasahan bersama relawan dan emergency setempat karena api sudah mengeluarkan asap putih. Setelah selesai penanganan petugas melakukan pendataan kepada ketua Rt dan pemilik bedakan dan memastikan lokasi sampai benar benar aman. Selesai penanganan itu pukul 02:55 dengan status akhir Aman terkendali dan tidak ada korban jiwa,” Tutup Yudhi.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka