BerandaHabar Tanah LautCegah Kejahatan Siber, Politala...

Cegah Kejahatan Siber, Politala MoU Dengan Dit Intelkam Polda Kalsel

Terbaru

Pada momen Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76, tepatnya Rabu 06 Juli 2022 Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) bersama dengan Direktorat Intelkam Polda Kalimantan Selatan melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman bersama. 

Penandatangan dilakukan langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Dr. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd. bersama AKBP Soetrijono, S.P., M.M. selaku Kasubdit V Kamsus (Keamanan Khusus) Direktorat Intelkam Polda Kalimantan Selatan.

Dikatakan AKBP Soetrijono, S.P., M.M. selaku Kasubdit V Kamsus (Keamanan Khusus) Direktorat Intelkam Polda Kalimantan Selatan, Ruang lingkup kerjasama antara Politala dan Polda kali ini adalah mengenai pencegahan kejahatan siber di wilayah Kalimantan Selatan melalui pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

IMG 7315 scaled

“Mungkin kita kerjasama dalam artian saling memberikan informasi, sambil menitipkan pesan melalui website atau media lain agar aturan-aturan pemerintah bisa mengetahui dan tercegah dari tindak pidana. Harapan dari pelaksanaan kesepahaman bersama ini kita dapat bersinergi, tugas pokok kepolisian untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Politala dapat membantu menjaga melalui pendidikan mahasiswa di kampus maupun di lingkungan masyarakat,” ucap Soetrijono.

Sementara itu, Direktur Politala, Mufrida Zein mengaku antusias dan senang atas pendampingan yang akan diberikan Polda Kalsel.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Polda Kalsel yang bersedia memberikan pendampingan untuk Politala. Selain itu kita juga akan dan selalu bersinergi dengan Polres Tanah Laut, Kodim 1009 dan yang lainnya,” jelas Mufrida Zein.

Mufrida juga menyampaikan bahwa tindak lanjut kerjasama usai perjanjian ini adalah pelaksanaan kegiatan perkuliahan khusus Program Studi Teknologi Informasi dan Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan dari Polda Kalsel.

“Ini kesempatan yang luar biasa kami bisa bersinergi dengan Polda Kalimantan Selatan dalam bidang siber. Perjanjian ini kedepannya akan berkelanjutan dalam bentuk penyuluhan, kuliah umum, dan sebagainya nantinya dari Polda KalSel kepada mahasiswa. Hal ini tentunya sebagai antisipasi jangan sampai mahasiswa melakukan pelanggaran dengan pengetahuan yang dimilikinya. Kita juga menyiapkan SDM unggul dengan pendekatan materi soft skill lebih kepada pembinaan karakter. Sehingga mereka selain kompeten di bidang komputer, mereka juga dapat tercegah dari penggunaan ilmu komputer mereka untuk kejahatan,” terang Mufrida.

Kegiatan Kesepahaman Bersama kali ini didasari oleh kesamaan persepsi atas pentingnya untuk bekerja sama, saling mendukung dan membantu dalam pencapaian visi-misi masing-masing lembaga/institusi.

Adapun tamu-tamu yang berhadir di Aula Gedung Kuliah Terpadu Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Politeknik Negeri Tanah Laut terdiri dari AKBP Soetrijono, S.P., M.M. (Kasubdit V Kamsus Direktorat Intelkam Polda Kal-Sel), Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Komandan Kodim 1009 Pelaihari beserta perwakilan-perwakilan SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) di lingkungan Kab. Tanah Laut. Pejabat struktural dan non-struktural Politala juga turut menghadiri.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka