BerandaHabar Provinsi KalselHabar KotabaruIndocement Bantu Pendidikan Dengan...

Indocement Bantu Pendidikan Dengan Program Volunteer

Terbaru

KOTABARU,- Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk (ITP) Plant Tarjun kembali melaksanakan kegiatan yang kali ini bantuannya berkaitan dengan dunia pendidikan yang ada di wilayah desa mitra. Seperti halnya, mengisi kekosongan tenaga pengajar bagi siswa sehingga hal itu dinilai menjadi perhatian bersama.

Sudah berjalan beberapa bulan, PT ITP telah menjalankan program volunteer yang mana hal tersebut dalam rangka untuk ikut meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya bagi para pelajar yang berada di Tempat Kegiatan Belajar (TKB) pada Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru.

Melihat kepedulian yang dilakukan oleh perusahaan produsen semen Tiga Roda tersebut, Akhmad Sudarmuji selaku pengelola SMP – SMA TKB Desa Langadai menjelaskan bahwa, pihaknya mewakili dewan guru memberikan apresiasi yang sangat baik kepada PT ITP yang peduli akan perkembangan dunia pendidikan.

“Kami masih kekurangan tenaga pengajar, dan dengan adanya program volunteer yang dilaksanakan oleh PT ITP tentu hal tersebut sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan akan guru bagi siswa kami disini,” Ucapnya

Menurutnya, pendidikan di ibaratkan dari gambaran suatu daerah untuk menampilkan kemajuannya yang oleh karenanya apa yang telah dilaksanakan oleh PT ITP tentu dirasa sangat berguna sekali.

“Mudah-mudahan saja hal semacam ini akan berkelanjutan, prinsipnya adalah pendidikan bukan hanya menjadi tanggungjawab kami saja melainkan pemerintah, masyarakat serta dunia usaha,” tambahnya.

Menjadi harapannya, kerjasama yang telah terbangun bersama PT ITP dapat terus terjalin selain itu juga perusahaan dapat memberikan pelatihan untuk keterampilan lainnya sehingga para siswa yang keluar nantinya telah memiliki keterampilan.

Salah satu siswa dari kelas X, Deka Maulida Aita menyampaikan, menurutnya apa yang dilakukan oleh PT ITP sangat membantu untuk proses pembelajara. Apalagi, yang diajarkan adalah mata pelajara bahasa inggris yang tentu begitu bermanfaat bagi siswa.

“Saya melihat seluruh siswa begitu bersemangat dan antusias menerima pembelajaran yang diberikan oleh pengajar dari PT ITP. Intinya, saya berterimakasih kepada perusahaan yang ikut berperan secara nyata dalam dunia pendidikan,” ucapnya.

Sementara Ihwan ST, salah satu karyawan PT ITP yang menjadi tenaga pengajar melaksanakan program volunteering teaching di TKB Desa Langadai menjelaskan, ia bersemangat ketika ditunjuk oleh perusahaan untuk menjalankan program tersebut. Selain itu memang di TKB Langadai kekurangan tenaga pengajar namun mempunyai jumlah siswa yang lumayan banyak. Oleh karenanya, perusahaan merasa mesti berbuat untuk peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa.

“Untuk sistem pembelajarannya, saya dan beberapa rekan lainnya mengutamakan peran aktif siswa didik selama proses belajar. Dengan metode yang diterapkan seperti halnya pemberian materi yang kemudian dilanjutkan dengan memberi ruang kepada siswa untuk bertanya selain itu ada pula sesi quiz ataupun games sehingga hal itu menjadi menarik tanggapan siswa sangat baik sekali,” papar Ihwan.

Ia berharap pemerataan terhadap pendidikan dapat menjadi perhatian utamanya di daerah-daerah yang masih kekurangan guru. Karena dengan pendidikan nantinya akan mampu menjadi pilar bagi para penerus bangsa. “Kami berpesan agar seluruh siswa terus semangat selama belajar dan dalam mengejar cita-citanya,” harapnya.

Mewakili Management PT ITP Tarjun, H Teguh Iman Basoeki menyampaikan, dengan program volunteer bagi TKB Desa Langadai menjadi harapan kedepan akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan dan langkah tersebut merupakan peran andil secara nyata yang ditunjukkan perusahaan bagi perkembangan kualitas siswa.

“Perusahaan berharap kedepan TKB Desa Langadai dapat berkembang dengan baik dan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang sesuai harapan. Perusahaan akan memberikan support untuk menjalankan program-program semacam itu. Yang jelas, itu menjadi suatu langkah nyata bagi dunia pendidikan pada umumnya,” katanya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotabaru, Selamat Riyadi menyambut baik atas inisiasi bantuan yang diberikan oleh Indocement dan hal tersebut dirasa sangat membantu.

“Prinsipnya Disdikbud sangat mendukung kegiatan PT ITP untuk menjalankan program tersebut. Menjadi harapan bersama semoga program ini semakin meningkatkan kualitas pendidikan di TKB Desa Langadai dan memberikan dampak bagus bagi peningkatan kualitas siswa,” imbuhnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka