BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarbaruTingkatkan Kualitas dan Kuantitas...

Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Sarpras, RSDI Banjarbaru Usul Pengadaan Barang Ini

Terbaru

Banjarbaru – Pengembangan sarana prasarana menjadi salah satu fokus utama manajemen Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Kota Banjarbaru di tahun 2022 ini.  Sejumlah rancangan pengadaan alat kesehatan pun dikebut untuk segera terealisasi.

Plt Direktur RSDI Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana, melalui Kepala Bidang Penunjang, Rislansyah, mengungkapkan bahwa saat ini RSD Idaman sebenarnya telah memenuhi sarana prasarana sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Sebagai Rumah Sakit Umum Kelas C milik Pemerintah, sarana prasarana kita telah memenuhi ketentuan perundang-undang. Namun kita akui memang masih harus ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” ungkapnya.

Dijelaskan Rislansyah bahwa untuk tahun ini pihaknya telah mengusulkan beberapa pengadaan alat kesehatan.

Rencana pengadaan alat ini notabenenya memang di luar dari pengadaan rutin bahan alat kesehatan habis pakai (BAKHP) dan bahan medis habis pakai (BMHP).

“Tahun ini kita mengusulkan pengadaan berupa alat NICU (Neonatal Intensive Care Unit), peralatan penunjang untuk tindakan operasi mata serta peralatan laundry-CSSD. Doakan saja semoga cepat terealisasi,” terangnya.

Perencanaan pengadaan alat kesehatan, kata Rislansyah, harus dilakukan dengan cermat dengan memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai aspek.

Di antaranya ketersediaan sumber dana dan jumlah besarannya, ketersediaan alat kesehatan dari principal/provider, tingkat utilitas alat kesehatan meliputi penambahan atau penggantian alat yang sudah lewat masa pakai.

“Termasuk juga kebutuhan peningkatan pelayanan baik diversifikasi maupun tingkat kedalaman layanan. Serta hal-hal lainnya yang berkembang seperti kurs mata uang, pajak dan lain-lain” bebernya.

Pengembangan sarana prasarana di RSD Idaman Banjarbaru ini tentunya juga perlu didukung dengan pelayanan maksimal. Sejalan dengan hal itu, manajemen RSD Idaman pun tak luput untuk terus melakukan berbagai inovasi.

Kabid Pelayanan RSD Idaman Banjarbaru, dr Ani Rusmila, menuturkan bahwa pihaknya telah membuka sistem pendaftaran online guna memudahkan akses bagi masyarakat yang ingin mendapat pengobatan. Bahkan tak hanya itu, layanan konsultasi pin kini tersedia secara daring.

“Kami telah membuka sistem pendaftaran online baik melalui via Whatsapp maupun Web. Selain itu ada juga layanan konsultasi online atau yang kita sebut telemedicine. Kita harapkan masyarakat bisa memanfaatkan layanan konsultasi ini sehingga tidak perlu repot lagi datang ke rumah sakit,” tandasnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka