BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarbaruRaih Penghargaan "Pelayanan Prima"...

Raih Penghargaan “Pelayanan Prima” Predikat A Tahun 2021, Polres Banjarbaru Komitmen Pertahankan

Terbaru

Banjarbaru – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) memberikan penghargaan kepada Polres Banjarbaru sebagai pelayanan publik kategori “Pelayanan Prima” dengan predikat A tahun 2021.

Raih Predikat A Pelayanan Publik 2021 dari KemenPAN RB ini bagi Polres Banjarbaru merupakan yang Pertama Kalinya, setelah sebelumnya Polres Banjarbaru sejak 3 tahun berturut-turut mulai dari 2018 – 2020 juga telah mendapatkan predikat A- atau sangat baik.

Penghargaan Polres Banjarbaru sebagai kategori Pelayanan Prima dengan predikat A ini diterima langsung oleh Kapolres Banjarbaru, AKBP Nur Khamid di Jakarta ungkap Kapolres Banjarbaru AKBP Nur Khamid melalui Waka Polres, Kompol Boma Wedhayanto Purnomo pada Jumat (11/03/2022).

IMG20220311144044 scaled

“Sejak 2018, 2019, 2020 Polres Banjarbaru sudah mendapatkan predikat A- atau sangat baik, dan Alhamdulillah di 2021, pertama kali mendapatkan kategori pelayanan prima dengan predikat A atau tertinggi,” ujar Boma.

Boma menyebut, dari 310 objek yang dilakukan penilaian mulai dari Polres, Polresta, Polrestabes, Polres Metro se Indonesia hanya ada 27 Polres yang mendapatkan predikat A dengan kategori Pelayanan Prima, salah satunya yakni Polres Banjarbaru.

Sementara itu, di lingkup Polres/Polresta jajaran Polda Kalsel, ia mengatakan Polres Banjarbaru menerima nilai indeks pelayanan publik tertinggi dengan nilai 4,56, dan dibayangi Polres Banjarmasin nilai 4,54, Polres Tapin nilai 4,53, serta Polres Hulu Sungai Selatan nilai 4,51.

Diketahui bahwa, enam aspek menjadi indikator penilaian sesuai Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik yaitu inovasi, konsultasi pengaduan, sistem informasi pelayanan publik, kebijakan pelayanan, profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), dan sarana prasarana.

Sementara, Polres Banjarbaru sendiri memiliki 8 inovasi pelayanan publik yang menjadi dasar diberikannya penghargaan kategori prima dengan predikat A.

Boma menambahkan, dengan adanya predikat A yang diperoleh Polres Banjarbaru ini, pihaknya berkomitmen akan mempertahankannya, dan akan terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.

“Inovasi yang ada kita pertahankan, dan sebisa mungkin inovasinya akan sejalan dengan zaman. Jadi pastinya kita akan semaksimal mungkin melayani masyarakat di Banjarbaru,” tutupnya.

Diketahui, 8 inovasi dibidang pelayanan publik yang dimiliki Polres Banjarbaru yaitu :

1. Pelayanan SIM hari Sabtu.

2. Pelayanan Cafe SIM/SAMSAT.

3. SIM Delivery.

4. SKCK Delivery.

5. Pelayanan SKCK kolektif/komunitas.

6. Pendaftaran SKCK Online.

7. Pendaftaran SIM Online.

8. Membuka pelayanan bersama di Gerai Layanan Terpadu, dan Mall Pelayanan Publik.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka