Pasien DBD RSD Idaman Kian Meningkat

Terbaru

Selain Virus Corona, saat Ini kita juga harus waspada terhadap ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD) yang mulai muncul di musim penghujan ini.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, tidak terkecuali pada Kota Banjarbaru yang kini pun penyakit DBD mengalami peningkatan.

Kasus DBD saat ini tengah meningkat di Kota Banjarbaru, penyakit ini dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti ini sedang marak menghampiri para anak usia 4-14 tahun.

20221031 092116 scaled
Suasana Saat Para Pasien Mendaftarkan diri untuk berobat di RSD Idaman Kota Banjarbaru.(foto:teny)

Di Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru saat ini sedang mengalami peningkatan kasus DBD, peningkatan Kasus DBD di Banjarbaru diduga karena terjadinya peralihan antara musim panas dengan musim penghujan (pancaroba).

Humas Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru Andri mengatakan, saat ini kasus DBD di RSD Idaman Banjarbaru paling banyak terjadi pada anak-anak.

“Iya benar, banyak anak-anak yang dirawat di RSD Idaman ini dikarenakan DBD,” ucapnya.

20221031 091549 scaled
RSD Idaman Kota Banjarbaru.(foto:teny)

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan RSDI Dr. Siti Ningsih mengatakan, kasus DBD yang terdata di RSD Idaman Banjarbaru mulai meningkat dari bulan Agustus hingga Oktober tahun 2022.

“Iya meningkat tapi tidak drastis, pada bulan Agustus tercatat ada 17 pasien, di bulan September ada 21 pasien dan pada bulan Oktober ada 36 pasien, sampai saat ini sudah ada 74 kasus yang tercatat,” jelasnya.

Dr. Siti Ningsih menambahkan, upaya masyarakat untuk mencegah DBD dengan gerakan 3M plus yang merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan.

3M plus, yakni menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas, plus menghindari gigitan nyamuk seperti tidur menggunakan kelambu dan menyalakan obat nyamuk.

“Masyarakat harus lebih hati-hati, prioritas pencegahan dengan cara 3M plus, dan jika sakit jangan segan segera periksa ke dokter. Jangan terlambat karena bisa menjadi ancaman untuk anak atau keluarga kita,” tuturnya.

Meski DBD sudah menjadi endemis di Ibu Kota Provinsi Kalsel ini, setiap tahunnya pasti ada kasus DBD yang ditemukan. Sehingga perlunya kesadaran masyarakat agar menjaga kebersihan dan lingkungan.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka