BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarWairjen TNI AD Apresiasi...

Wairjen TNI AD Apresiasi Sinergitas TNI, Polri dan Pemkab melalui TMMD Ke 113 Kodim 1006/Banjar

Terbaru

Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) oleh Kodim 1006/Banjar yang digelar di Desa Benua Riam dan Desa Artain, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, kembali mendapat kunjungan dari Ketua Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD yakni, Wakil Inspektur Jenderal (Wairjen) TNI AD, Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P, MM, pada Selasa (07/06/2022) Pagi.

Kedatangan Wairjen TNI AD ini pun disambut dengan tarian adat Banjar serta diiringi antusias anak sekolah dan warga desa menyambut kedatangannya guna meninjau pelaksanaan TMMD oleh Kodim 1006/Banjar di Desa Benua Riam dan Desa Artain.

Dalam kegiatan tersebut turut mendampingi Wairjen TNI AD Mayjen TNI Hassanudin, yakni Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom, Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso, Kajari Banjar M Bardan, Perwakilan DPRD Banjar Syarkawi, Kepala Dinas PMD Syahrialludin, Perwakilan Dinas PUPR Banjar.

IMG 20220607 13562482

Dandim 1006/Banjar, Letkol Inf Imam Muchtarom dalam pelaporannya terkait pelaksanaan TMMD kepada Ketua Wasev Mayjen TNI Hassanudin menjelaskan bahwa sasaran TMMD Kodim 1006/Banjar ke 113 adalah menghubungkan 3 desa yakni Desa Benua Riam, Artain dan Apuai. 

“Pembukaan akses jalan sepanjang 4.000 meter dengan tujuan memudahkan pendistribusian hasil panen warga sehingga memicu peningkatan kualitas ekonomi warga. Terlebih memudahkan anak-anak di ketiga desa untuk menuju sekolah. Pembukaan jalan juga memungkinkan membuka jaringan listrik dan internet bagi desa karena sebelumnya listrik warga hanya menggunakan Genset,” papar Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom. 

“Ditargetkan dalam dua hari kedepan pelaksanaan TMMD mencapai 100%. Adapun bentuk pelaksanaannya berupa sasaran fisik yakni Pembukaan jalan sepanjang 4.000 meter, Pembuatan 2 unit jembatan, Pembangunan Pos Kamling, Bedah Rumah, Pembangunan Sarana MCK, Renovasi Masjid, dan non fisik seperti penyuluhan bagi warga desa. Adapun personil yang diterjunkan sebanyak 150 orang personel gabungan TNI, AD/AL/AU, Polres Banjar, Pemerintah Kabupaten Banjar dan Masyarakat Desa,” tambah Dandim.

IMG 20220607 13555581

Usai menerima pemaparan Dandim 1006/Banjar dan melakukan peninjauan secara langsung, Wairjen TNI AD Mayjen TNI Hassanudin menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan serta capaian TMMD yang telah dilaksanakan oleh Kodim 1006/Banjar.

“Seperti yang disampaikan bahwa sasaran pembangunan melalui TMMD oleh Kodim 1006/Banjar baik sasaran fisik maupun non fisik hampir mencapai 100% dan hal ini telah dilaporkan secara administratif,” Ungkapnya.

“Terlebih mengingat tujuan dan manfaat yang disasar dalam TMMD ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, baik peningkatan ekonomi maupun penunjang pendidikan,” tambahnya.

Mayjen TNI Hassanudin juga mengatakan ini merupakan sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan impian masyarakat yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

“Nantinya pembangunan melalui TMMD ini diharapkan akan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah untuk pengelolaan dan pemanfaatannya,” tutupnya.

IMG 20220607 19221820

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Bupati Banjar H Saidi Mansyur juga turut mengapresiasi langkah TNI melalui TMMD.

“Tentunya mewakili Pemerintah Daerah kita sangat berterimakasih atas apa yang telah dilakukan dan dilaksanakan mitra kita TNI khususnya Kodim 1006/Banjar melalui TMMD, Sinergi ini dirasakan sangat membantu bagi pemerintah daerah, terlebih manfaatnya sangat dirasakan bagi masyarakat desa khususnya dan Kabupaten Banjar pada umumnya,” katanya.

Saidi juga menyampaikan terkait Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masih belum ada keberadaannya bagi masyarakat di tiga Desa ini, kedepannya akan dikoordinasikan lebih lanjut.

“Tentunya akan kita tindak lanjuti kedepannya, agar masyarakat di tiga desa ini tidak perlu jauh-jauh lagi untuk menempuh pendidikan SMA, namun ini merupakan ranah dari Pemerintah Provinsi untuk itu akan kita koordinasikan melalui Dinas terkait,” tuturnya.

“TMMD ke 113 kita laksanakan, Kesejahteraan Masyarakat kita wujudkan,” Tutup Saidi.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan tebar benih ikan kelabau oleh Wakil Inspektur Jenderal (Wairjen) TNI AD, Mayjen TNI Hassanudin, Bupati Banjar H. Saidi Mansyur dan Unsur Forkopimda Kabupaten Banjar, sebanyak 5.500 ekor.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka