BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarWabup Banjar Ikuti Peringatan...

Wabup Banjar Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Secara Virtual

Terbaru

Martapura – Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H Masruri dan unsur Forkopimda Kabupaten Banjar ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVI Tahun 2022 secara virtual di Command Center Manis, Martapura, Senin (25/4/2022) pagi.

Peringatan Hari Otonomi Daerah ini diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dengan mengusung tema ” Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan Berakhlak dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045,”.

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekjend Kemendagri Suhajar Diantoro mengatakan, esensi filosofis ditetapkannya otonomi daerah yang saat ini tepat berusia 26 tahun, dengan tujuan mendelegasikan sebagian kewenangan dan sebagian urusan pemerintahan untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal.

IMG 20220425 WA0050

” Kemandirian fiskal dilakukan dengan menggali berbagai potensi sumberdaya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan,” katanya.

Suhajar menjelaskan hari otonomi daerah diperingati setiap 25 April karena sesuai dengan keputusan presiden (Kepres) No 11 tahun 1996 tentang hari otonomi daerah menetapkan tanggal 25 April sebagai hari otonomi daerah.

“Setelah Kepres No 11 Tahun 1996 lahirlah Undang-Undang No 22 tahun 1999 tentang pemerintah daerah yang membenahi hubungan pusat dan daerah. Dengan diterbitkannya Undang-Undang tersebut daerah memiliki kewenangan dalam seluruh bidang pemerintahan kecuali politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan, moneter, fiskal, agama serta kewenangan bidang lainnya,” ujarnya.

Lanjut Suhajar, setelah 26 tahun berlalu otonomi daerah memberi dampak positif, dibuktikan adanya percepatan pembangunan yang ditandai meningkatnya angka indeks pembangunan manusia, bertambahnya PAD dan kemampuan fiskal daerah.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya. Peningkatan tersebut agar dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Launching Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (SILPPD) Versi 1.1 oleh Sekjen Kemendagri.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka