BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarSalat Makmur Miliki Perpustakaan...

Salat Makmur Miliki Perpustakaan Desa

Terbaru

Desa Salat Makmur sesuai SK Bupati Banjar menjadi lokus “Program Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah” pada Oktober nanti mewakili Kabupaten Banjar dalam penilaian kualitas keluarga daerah tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar H Saidi Mansyur saat membuka Perpustakaan Desa “Kita” di Desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru, Kamis (30/06/2022) siang. 

Berdirinya gedung perpustakaan diharap Saidi, pemerintah desa dapat menganggarkan biaya operasional perpustakaan seperti insentif untuk pengelola dan pengadaan koleksi buku. 

IMG 20220630 WA0040

“Pemerintah memberikan peluang bagi desa menggunakan dana desa untuk penguatan budaya literasi dalam kehidupan masyarakat desa, salah satunya melalui pembangunan dan pengelolaan perpustakaan desa,” jelas Saidi. 

Ditambahkan, dengan adanya perpustakaan desa masyarakat bisa belajar, mencari informasi, meningkatkan ilmu pengetahuan, menambah wawasan dan mengembangkan keterampilan sehingga bermanfaat bagi peningkatan kualitas sumber daya masyarakat di desa. 

Perpustakaan Desa “Kita” Desa Salat Makmur nantinya juga akan berfungsi lebih, seperti sebagai pusat pembelajaran non formal atau penyelenggaraan pembelajaran paket pendidikan seperti paket A, B dan C. 

IMG 20220630 WA0042

Perpustakaan ini juga bisa memberikan kontribusi dalam peningkatan ketahanan keluarga pada dimensi ketahanan sosial budaya, dan salah satu cara pencegahan perkawinan dini melalui literasi bahan bacaan yang ada di perpustakaan. 

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Banjar Saidi Mansyur kemudian dilanjutkan dengan meninjau pameran produk unggulan Desa Salat Makmur yang berada di samping gedung perpustakaan. 

Hadir di kegiatan ini Kepala Dinas PMD Banjar H Syahrialuddin, Kepala Dinsos P3AP2KB Hj Siti Hamidah, perwakilan Dispersip Banjar, Camat Beruntung Baru, Pambakal Desa Salat Makmur dan TP PKK setempat.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka