BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarPeserta Journalist Camp II...

Peserta Journalist Camp II Antusias Ikuti Praktek Arung Jeram di Sungai Kiram

Terbaru

BANJAR,- Baret 78 gelar Journalist Camp II, 15 – 16 Januari 2022, bertempat di Alam Roh 20, Sungai Kiram, Kabupaten Banjar, (16/1) Minggu

Dimana narasumber yang dihadirkan pada acara ini yaitu dari Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), yaitu Ketua FAJI Kalimantan Selatan, Bandi Chairullah dan Sekretaris FAJI Kalimantan Selatan, Isra Al Huda.

Kedatangan FAJI ke Workshop Journalist Camp diterima antusias oleh peserta, karena hal ini memberikan pengalaman baru bagi seluruh peserta yang hadir.

Ketua FAJI Kalimantan Selatan Bandi Chairullah melalui sekretaris FAJI Kalimantan Selatan Isra Al Huda, mengatakan bahwa Journalist Champ II ini adalah suatu kegiatan yang sangat luar biasa karena sudah jarang dilakukan di alam terbuka apalagi dimasa pandemik.

“Suatu kegiatan yang sangat luar biasa karena sudah jarang kegiatan-kegiatan ini dilakukan di outdoor, dulu kita sempat terkekang karena pandemik, tapi dengan kegiatan alam bebas ini di era new normal ini, mudahan bisa dilanjutkan dengan Journalist Camp tiga, empat dan selanjutnya,” Katanya.

Huda mengatakan sedikit tentang cikal bakal adanya arung jeram di Indonesia, Sejarah menjawab ternyata cikal bakal olahraga arung jeram ini adalah dari borneo, dan ini merupakan suatu catatan sejarah yang sangat membanggakan khususnya bagi Kalimantan Selatan.

“Sejarah mencatat bahwa Federasi Arung Jeram Indonesia cikal bakalnya adalah berasal dari Borneo, yaitu ada ekspedisi seorang misionaris dari Belanda yang dimulai dari mahakam hulu kemudian Kapuas hulu diaurungi kurang lebih 40 hari dengan bambu Rafting,” terangnya.

Dengan potensi alam dan sumber daya manusia yang ada, Kalimantan Selatan memiliki dasar kekuatan yang kuat.

“Kalimantan Selatan memiliki sungai yang banyak dan putra putrinya adalah orang- orang yang hidupnya di sungai sejak mereka lahir, ini adalah sebuah kekuatan yang tidak dimiliki oleh provinsi lain, provinsi lain malah ada atlet atletnya tidak bisa berenang tapi mereka berani, apalagi kita yang bisa renang,” ujarnya.

Huda juga mengatakan kepada para jurnalis bahwa arung jeram tidak hanya kompetisi, tapi arung jeram memilki empat Pilar yaitu olahraga, pariwisata, lingkungan hidup dan kebencanaan.

Azhar salah satu mahasiswa pencinta alam (MAPALA) yang mengikuti Journalist Camp II mengatakan bahwa dirinya sangat antusias terhadap kegiatan ditambah lagi pihak FAJI dilibatkan.

“Alhamdulillah saya sangat senang pada tahun ini bisa mengikuti Journalist Camp II di alam terbuka dan bisa mencoba perahu besar standard internasional disungai sebenarnya, kalau dulu cuma perahu kecil di irigasi,” tandasnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka