BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarPemprov Kalsel Dirikan Lumbung...

Pemprov Kalsel Dirikan Lumbung Sosial di Kabupaten Banjar

Terbaru

BANJAR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI mendirikan lumbung sosial di Kabupaten Banjar, tepatnya di Kecamatan Simpang Empat, Mataraman, Martapura Timur,dan Martapura Barat.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kalsel, Adi Santoso, mengapresiasi bantuan dan perhatian yang diberikan pemerintah pusat dalam penanganan bencana di Banua. Ia mengatakan, lumbung sosial merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam hal pemenuhan dasar bantuan bagi masyarakat yang terdampak.

“Kita harapkan lumbung sosial juga dapat didirikan di wilayah rawan bencana lain, agar apabila terjadi bencana bisa langsung disalurkan bantuan kebutuhan dasar bagi para masyarakat,” kata Adi, Kabupaten Banjar, Rabu (19/1/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani, mengatakan lumbung sosial adalah tempat penyimpanan logistik di garis terdepan, sebagai tindakan awal untuk pemenuhan kebutuhan dasar penyintas bencana sebelum bantuan darurat diberikan.

“Sebelumnya telah kita dirikan juga lumbung sosial di 10 Kecamatan berbeda yaitu Tapin, Hulu Sungai Tengah, dan Kotabaru. Untuk di Kabupaten Banjar, empat kecamatan ini merupakan daerah rawan bencana,” kata Nuriyani.

Nuriyani berharap daerah lainnya juga bisa mengusulkan pendirian lumbung sosial ke Dinas Sosial Kalsel untuk ditindaklanjuti.

“Lumbung sosial berisi peralatan, bahan makanan, non pangan, obat-obatan, serta alat-alat yang diperlukan saat banjir seperti genset, lampu, dan water treatment,” kata Nuriyani.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka