BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarPekerja Pemerintahan Turut Berpartisipasi...

Pekerja Pemerintahan Turut Berpartisipasi Dalam Komcad Kodim 1006/Banjar

Terbaru

Martapura – Komcad (Komponen Cadangan) di wilayah Kodim 1006/Banjar tidak hanya diikuti oleh masyarakat biasa maupun pekerja perusahaan swasta, hal ini diungkapkan Dandim 1006/Banjar, Letkol Inf Imam Muchtarom pada Jumat (13/05/2022).

Dandim 1006/Banjar ini mengungkapkan jika dalam dua kali penyelenggaraan ini, peserta komcad sendiri turut diisi oleh kalangan pekerja Pemerintahan.

“Di tempat kita tidak sedikit dari kalangan Pemerintahan yang ikut serta dalam komcad, Seperti Satpol PP, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), maupun DPKP (Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan) Banjar,” bebernya.

IMG 20220513 WA0014

Disinggung terkait animo masyarakat, Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom menyatakan jika animo masyarakat sangat-sangat lah tinggi untuk mengikuti pelatihan komcad ini.

“Hal ini memang bisa dikatakan lantaran masyarakat kita Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Banjar pada khususnya sangatlah tinggi jiwa patriotnya,” ungkapnya.

Lebih jauh Dandim 1006/Banjar ini mengungkapkan jika pelatihan komcad nantinya akan seperti latihan militer pada umumnya.

IMG 20220513 WA0029

“Benar-benar dilatih secara militer, dari keseluruhan para pendaftar dilakukan seleksi kemudian baru pelatihan di Camp kurang lebih selama 3 bulan pelatihan. Pelatihan itu sendiri memang latihan militer seperti fisik, teori bahkan latihan menembak,” katanya.

Dikatakannya pula, selepas dari pelatihan militer dan kembali ke masyarakat peserta komcad akan tetap diawasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Selepas pelatihan mereka (peserta komcad) tidak dilepas begitu saja, tetapi akan ada pengawasan, terlebih nantinya mungkin akan kita gelar seperti apel dan lain sebagainya, itu pun guna memudahkan kita dalam komunikasi jika sewaktu-waktu mereka dibutuhkan atau dipanggil nantinya,” jelas Dandim.

Sementara itu, Dandim 1006 Banjar ini juga berharap, perusahaan maupun pemerintah tetap membayar gajih mereka yang berpartisipasi dalam komcad.

“Memang mereka akan mendapatkan uang saku selepas pelatihan, namun kita harap selama mereka cuti komcad gajih mereka tetap diberikan. Terlebih bagi yang sudah berkeluarga, agar tidak menggangu keuangan keluarganya,” pungkas Dandim.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka