BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarKodim 1006 Kembangkan Integrated...

Kodim 1006 Kembangkan Integrated Farming System

Terbaru

BANJAR,- Kodim 1006 Banjar telah mengembangkan Integrated Farming System Mulawarman Tangguh Bersama di Desa Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Dimana dalam satu kawasan tidak hanya dapat mengembangkan dari perikanan, akan tetapi juga dari hasil lahan pertanian, persawahan, perkebunan dan peternakan.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1006 Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom di hadapan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Rumekso via zoom meeting saat Launching Tabur Benih Ikan Patin dan Nila di Kolam Barokah Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Jumat (17/12) pagi. 

Disampaikannya, tujuan dari program ini adalah untuk mewujudkan ketahanan pangan di masa pandemi serta mewujudkan sinergitas TNI dengan semua unsur yang ada di masyarakat untuk bersama sama bertekad memperkuat ketahanan pangan di daerah.

“Hari ini ada beberapa kegiatan, diantaranya pembibitan ikan patin dan nila, yang mana produksinya 1 bulan senilai 4 juta rupiah. Juga ada pertanian seluas 1 hektar yang menghasilkan padi lokal Unus. Kemudian untuk persawahan kami hasilkan padi organik. Untuk perkebunan pembudidayaan pepaya California dengan panen perminggu 1,5 ton. Sedangkan peternakan ayam menghasilkan 5000 ekor ayam,” jelasnya.

Ditambahkannya, program ini selain sebagai ajang silaturahmi antara aparat TNI dengan kelompok petani petambak ikan, tetapi juga dalam rangka memberikan kehidupan yang layak bagi masyarakat melalui ketahanan pangan yang memadai.

Sementara itu Bupati Banjar H. Saidi Mansyur sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kodim 1006 Banjar dengan Mulawarman Tangguh Bersama. Ia berharap program ini akan terus berlanjut demi kemaslahatan masyarakat.

“Pemerintah daerah sangat mengapresiasi terhadap apa yang telah dilakukan pihak TNI sebagai upaya menjaga ketahanan pangan di daerah bahkan nasional. Kegiatan ini bukan hanya sebatas bidang pertanian tetapi juga bisa  menjadi ikon agrowisata di Kabupaten Banjar dan masyarakat bisa meniru dan menerapkannya di kemudian hari demi memajukan pertanian dan perikanan di Kabupaten Banjar,” harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah , para Danramil jajaran Kodim, Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso, pejabat lingkup SKPD serta GAPOKTAN.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka