BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarDua Makna Penting Pelaksanaan...

Dua Makna Penting Pelaksanaan Ibadah Kurban Menurut Bupati Banjar

Terbaru

Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar penyembelihan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1443 H, di halaman belakang Kantor Bupati Banjar, Senin (11/7/2022) pagi.

Guru H Supian Sauri selaku badal dari keluarga yang berkurban yaitu Bupati Banjar H Saidi Mansyur.

Dikatakan Saidi Mansyur pelaksanaan ibadah kurban merupakan salah satu sarana bagi umat islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus meneladani kisah pengorbanan Nabi Ibrahim As dan putranya Nabi Ismail As.

IMG 20220711 WA0026

“Tahun ini penyembelihan hewan kurban di masyarakat lebih semarak, bukan hanya tentang sapi kurban tetapi mempererat jalinan silaturahmi dan memperkuat ibadah di masyarakat karena kultur kita di Kabupaten Banjar yang sangat religius selaras dengan misi pemerintah daerah saat ini yaitu Agamis,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan ibadah kurban memiliki dua makna penting yakni pertama ketaqwaan dan ketaatan manusia atas perintah Allah SWT. Kedua makna sosial yaitu ajaran agar umat islam memiliki kepekaan sosial, solidaritas tinggi dan ikhlas saling berbagi dengan sesama.

Sementara ketua panitia pelaksana Sawiyan menyampaikan, penyembelihan hewan kurban tahun ini sebanyak 4 ekor sapi, dimana 1 ekor dari Bupati Banjar, 1 ekor dari Indomaret program CSR dan 2 ekor lainnya dari para karyawan lingkup Pemkab Banjar.

IMG 20220711 WA0025

Dijelaskannya, daging sapi kurban ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar dan tenaga kontrak serta ASN golongan I dan II.

Di Kesempatan tersebut Bupati Banjar dan Wabup serta Forkopimda Banjar menyaksikan penyembelihan hewan kurban pertama jenis Limosin yang difasilitasi oleh H Saidi Mansyur.

Hadir juga pada kegiatan ini  Wabup Banjar Habib Idrus Al Habsyie, Forkopimda, Sekda HM Hilman, Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, beberapa kepala SKPD, Kakancab Bank Kalsel Martapura Iwan dan Management Indomaret Martapura.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka