BerandaHabar Provinsi KalselHabar BanjarAmankan Pemilu Sukses 2024,...

Amankan Pemilu Sukses 2024, Polres Banjar Gelar Apel Serpas

Terbaru

Banjar – Polres Banjar gelar Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan TPS Pemilu tahun 2024 , apel dilaksanakan di Lapangan Polres Banjar, pada Senin (12/2/24).

Kegiatan Apel pada sore hari ini dipimpin langsung Kapolres banjar yang diikuti puluhan puluhan personilnya, Kasatpol PP Banjar, Camat sekabupaten Banjar, Satlinmas Kab Banjar, BKO Polda kalimantan selatan.

Kapolres Banjar, M Ifan Hariyat Selaku Pimpinan Apel mengatakan, tujuan dilaksanakan apel ini untuk persiapan anggotanya dalam pengamanan pemilu 2024.

“Pengecekan kita sebagai alat negara dalam bidang keamanan, dalam melaksanakan pengecekan terakhir terkait dengan penyelenggaraan pemilu serentak 2024,” ujarnya.

IMG 20240213 WA0014
Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat di dampingi Wakapolres Banjar Kompol Faisal Amri Nasution, S.H., M.M, serta Kasatpol PP Kumar, saat di wawancarai terkait selesainya apel Serpas. Senin (12/2/24).(foto: Yanti/HK)

Lanjut Ifan, apel ini diikuti oleh seluruh pasukan yang terlibat dalam pengamanan, khususnya pengamanan yang ada di TPS sebanyak 393 personil, dibantu TNI dan Linmas sebanyak 3.666.

“Untuk jumlah Pers Polres Banjar 446 orang, BKO Polda 41 orang, Linmas 3.666 orang, dan untuk jumlah TPS 1.833,” tuturnya.

Sambung Ifan, ada dua lokasi rawan yang harus dijaga seperti Kecamatan Martapura dan Kecamatan Karang Intan.

“Kenapa di sebut lokasi rawan karena daerah tersebut ada Lapas, untuk DPT khusus ini berjumlah sekitar kurang lebih 1.600an , kita sebut rawan karena bertempat di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) bukan karena adanya kerawanan kriminalitas dan konflik sosial,” jelasnya.

Ifan juga menyampaikan, setelah kegiatan ini seluruh personil Polres Banjar Dan BKO Polda, semuanya langsung ke kecamatan, dan akan melaksanakan gelar pasukan di kecamatan bersama linmas , lalu mereka akan ke TPS yang sudah di tentukan dengan surat perintah tugasnya dan akan bertugas sampai tanggal 15 Februari 2024.

“Setelah di gelar nya Serpas ini diharapkan semua personil langsung insert ke lokasi masing-masing ,Jika sudah datang langsung maping Situasi cek kondisi seperti apa dan pastikan aman, Jika ditemukan tidak aman langsung di laporkan” terangnya.

Ifan juga menyampaikan untuk personil mereka hanya di bekali tongkat dan tidak ada senjata api.

“Kami hanya membekali mereka tongkat saja, jadi tidak ada anggota polri yang pengamanan TPS membawa senjata api,” pungkasnya.

Penulis Yanti

Editor AS Pemil

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka