BerandaHabar Provinsi KalselHabar BalanganTidak Dilengkapi SKKH, 10...

Tidak Dilengkapi SKKH, 10 Ekor Sapi Asal HST Menuju Balangan Dipulangkan

Terbaru

Polres Balangan kembali mengadakan kegiatan Pengawasan dan Pencegahan virus Penyakit Mulut dan Kuku terhadap pedagang yang membawa hewan ternak khususnya hewan Sapi, Operasi ini dalam upaya mencegah virus tersebut yang masuk ke wilayah Balangan.

Bertempat di Mako Polres Balangan tersebut berhasil menjaring 10 ekor sapi yang berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang semua diangkut dengan menggunakan mobil Pick-up.

Kanit SPKT Polres Balangan, Aipda Rizky Ardianto yang memimpin giat tersebut menjelaskan 10 ekor sapi tersebut rencananya buat ibadah qurban. Dari informasi yang didapat, 2 ekor sapi dibawa oleh warga MHS (41) menuju Desa Riwa, Batumandi dari Desa Karatungan, Limpasu, sedangkan 8 ekornya dibawa oleh YYD (46) dari Desa Rantau Keminting, Labuan Amas Utara, HST menuju Pudak Tabalong.

“Mereka keduanya kami pulangkan kembali ketempat asalnya karena tidak dilengkapi dokumen yang ada, meskipun setelah diperiksa petugas tidak menemukan indikasi adanya PMK,” tegas Kanit, Sabtu (9/7/2022).

Kegiatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah PMK di Kabupaten Balangan itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor 3 tahun 2022 dari Satgas Penanganan PMK tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan Rawan PMK (RHP) dan produknya berdasarkan wilayah menjelang hari raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban.