Pasar Mungkur Uyam Akan Dijadikan Sentra UMKM Berbasis Wisata

Terbaru

Pasar Mungkur Uyam yang tidak berfungsi lagi selama kurun waktu sepuluh tahun rencananya akan kembali dihidupkan atau difungsikan. Rencananya pengembalian fungsi pasar Mungkur Uyam ini guna meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di Kecamatan Juai.

Hal ini diungkapkan Camat Juai, Nanang Edward usai melakukan pemantauan ke lokasi pasar Mungkur Uyam yang tidak berfungsi lagi sejak 2002 silam.

Dikatakan Nanang, pihaknya akan memodifikasi dan membenahi bangunan dengan konsep modern dan kekikinan agar menarik para pembeli maupun wisatawan.

“Dengan konsep Pasar Wisata yang lebih modern dan kekinian, Pasar Mungkur Uyam akan dijadikan sentra UMKM di Kecamatan Juai serta akan dibangun panggung pentas dan tempat nongkrong ala cafe modern,” beber Nanang melalui WhatsApp, Rabu (15/6/2022).

Saat ini konsepnya sudah mulai dikembangkan. Konsep yang dulu waktu saya di pariwisata kembali saya terapkan di kecamatan dengan berbasis wisata tapi bentuknya sentra UMKM,” tambah Nanang.

Untuk perencanaan ini dijelaskan Nanang jika semua rencana sudah dikoordinasikan dengan Bupati Balangan H. Abdul Hadi. Terkait perencanaan ini Bupati memberikan respon yang baik dari instansi terkait yaitu Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan dan Badan Pengelolan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Balangan.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Bupati dan juga saya coba buat telaahan staf. Alhamdulillah beliau sangat menyetujui dengan konsep tersebut.” Terangnya.

Nanang berharap konsep ini berjalan lancar serta mendapat dukungan penuh dari pemerintah, masyarakat dan pihak-pihak terkait agar Pasar Mungkur Uyam bisa hidup dan bukan hanya sekedar tempat berbelanja akan tetapi juga tempat bersantai dan wisata bagi masyarakat.

“Saya berharap mendapat dukungan dari masyarakat semua agar khususnya kecamatan kita bisa punya tempat untuk berwisata,” tutupnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka