BerandaHabar BatolaDinas Ketapang Kalsel Tekankan...

Dinas Ketapang Kalsel Tekankan Pentingnya B2SA di Peringatan HGN Ke-62

Terbaru

Batola – Dinas Ketahanan Panganan (Ketapang) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berpartisipasi menyukseskan peringatan ke-62 Hari Gizi Nasional (HGN) dengan membagikan bibit cabai dan sayuran segar dan mensosialisasikan tentang keamanan pangan guna menekan penurunan stunting.

“Di Hari Gizi Nasional, Dinas Ketapang Kalsel mensosialisasikan tentang keamanan pangan agar masyarakat tahu bagaimana memilih pangan yang aman dan segar saat di konsumsi,” kata Kepala Dinas Ketapang Kalsel, Suparno pada puncak peringatan ke-62 Hari Gizi Nasional Tahun 2022, di Kabupaten Barito Kuala, Senin (24/1/2022).

Suparno mengatakan keterlibatan Dinas Ketapang dalam penanganan stunting tidak lepas dari tugas dan fungsinya dalam kaamanan pangan karena memiliki program Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) 

Menurutnya, pangan beragam dan bergizi terdapat lebih dari satu macam jenis dalam piring sekali makan, sehingga dapat memenuhi komponen gizi secara lengkap. 

Sedangkan seimbang artinya pangan mengandung komponen-komponen yang cukup secara kuantitas, kualitas, dan mengandung berbagai zat gizi (karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral) yang diperlukan tubuh.

Terakhir, komponen yang tidak kalah penting dari produk pangan adalah aspek keamanannya. Suatu produk pangan yang aman harus bebas dari cemaran fisik, kimia, dan mikrobiologi. Keamanan dari setiap makanan yang dikonsumsi perlu diperhatikan agar terhindar dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan suatu produk pangan.

“Kami harapkan setelah ini, para guru, PKK dan instansi terkait dapat mensosialisasikan program B2SA. Karena program ini sangat penting dalam mengkonsumsi pangan yang aman, bergizi dan sehat,” pungkasnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka