BerandaEkonomiKerajinan Lokal Kampung Purun...

Kerajinan Lokal Kampung Purun Banjarbaru, Tembus Pasar Internasional

Terbaru

Keseriusan pemerintah kota Banjarbaru dalam mengembangkan kerajinan lokal berbahan purun kini semakin berkembang, bahkan pemasaran mencapai tingkat nasional bahkan internasional.

Produk kerajinan purun yang dicanangkan sebagai bahan pengganti plastik kini mulai banyak diminati dipasaran, banyaknya perminat hasil kerajinan purun membuat omset pesanan di kampung purun meningkat, omsetnya pun terbilang lumayan diangka kisaran 8 sampai dengan 10 juta rupiah perbulannya.

Hal ini diungkapkan Aminah salah seorang pengrajin purun di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru yang membuat berbagai aneka produk berbahan dasar purun.

“Kami menjual berbagai macam kerajinan purun diantaranya berupa Tas Ransel, Tas Bahu, Bakul, Tikar, tempat Aqua botol dan Topi,” ~Aminah

WhatsApp Image 2019 11 16 at 16.57.33

Pada awalnya, kerajinan purun ini sudah ada sejak lama, namun baru dikenal oleh masyarakat semenjak walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani meresmikan tempat ini sebagai kampung tematik yaitu Kampung Purun, pada tahun 2016 lalu.

“kemudian Waktu itu pemerintrah memberikan bantuan berupa pembekalan pelatihan pembuatan purut yang diikuti oleh semua penngrajin, selanjutnya pemerintah sendiri dipromisikan produk kerajinan ini,”katanya,

Ia menjelaskan, pengerjaan kerajinan purun ini sebenarnya tidak terlalu sulit, namun juga tidak terlalu mudah, tergantung kemampuan seorang pengrajinnya. Hanya saja waktu pembuatannya yang bisa berhari hari hari, tergantung permintaan.

7fd7709b 1dd0 4986 a174 95c44341d349 2

“Kalau untuk pembuatan beberapa macam tas kita bisa sampai 2 atau tiga hari, tergantung motif dan jumlah pemesanan, sedangkan untuk tikar, bakul, topi dan tempat air minum gelasan hanya cukup beberapa jam saja,” jelasnya.

Dalam sehari ia dan beberapa pengrajin lainnya bisa memproduksi puluhan jenis produk purun, yang mana kemudian dipasarkan oleh pihak ke dibawa ke pasar lokal atau pasar tradisional.

Pemasaran kerajinan purun ini terbilang cukup fantastic karena sudah mencapai pasar Internasional seperti Timur Tengah dan Korea.“Untuk pesanan luar wilayah biasanya pemesan terlebih dahulu datang untuk memesan dan akan dikirim setelah selesai, diharapkan produk ini semakin berkembang dan semakin terkenal di mancanegara,” lanjutnya.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka