BerandaEkonomiInflasi Nasional Menurun, Ini...

Inflasi Nasional Menurun, Ini Langkah Jitu Gubernur Tekan Inflasi di Kalsel

Terbaru

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Plt Asisten Administrasi Umum Subhan Nor Yaumil menghadiri Rapat Pengendalian Inflasi yang dipimpin oleh Mendagri Tito Karnavian di Command Center Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel pada Senin, (20/2) pagi.

Dalam rapat yang diadakan secara daring ini, Tito mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menyampaikan terimakasih atas usaha dan kerja keras semua pihak terutama pusat dan daerah yang menyebabkan angka inflasi turun dari sebelumnya 5,51 % di bulan Desember 2022 ke 5,28 % pada Januari 2023.

“Seperti yang disampaikan BPS (Badan Pusat Statistik) inflasi kita turun di bulan Januari ke angka 5,28%, yang sebelumnya 5,51% di bulan Desember (2022). Atas hal ini presiden menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak terutama pusat dan daerah atas kerjasamanya,” Kata Tito

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik Habibullah mengatakan bahwa penyumbang inflasi terbesar ialah beras. Dimana 147 kabupaten/kota se-Indonesia mengalami kenaikan harga beras.

Hal ini senada dengan langkah Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam menangani Inflasi yang memfokuskan dalam penanganan bahan pangan terutama beras.

Dalam beberapa kesempatan Paman Birin rajin mengunjungi desa-desa dan membagikan sembako serta beras untuk warga.

Seperti pada saat berkunjung ke desa Tunggul Irang Ulu Martapura (17/2), Penyambaran Kab. Banjar (16/2) dan desa-desa lainnya.

Selain itu, operasi pasar di beberapa titik juga terus dilaksanakan untuk menekan angka inflasi di Kalimantan selatan, seperti yang disampaikan Subhan Nor Yaumil dalam wawancaranya.

“Untuk Kalimantan Selatan sesuai arahan dari pak Gubernur kita terus berusaha menekan laju inflasi baik dengan cara operasi pasar di beberapa titik,” ujar Subhan.

Dihari yang sama (20/18), Paman Birin meninjau operasi pasar yang dilaksanakan di Siring 0 Km Kota Banjarmasin, yang diadakan Pemprov Kalsel bekerjasama dengan Bulog.

Tak hanya itu, Tim Pengendali Inflasi (TPID) provinsi kalsel juga berfokus pada penurunan harga bahan pangan terutama beras.

Hal ini terlihat dari kunjungan TPID Kalsel ke PT. Food Station Jakarta pada Selasa (14/2) lalu.

PT. Food Station adalah BUMD DKI Jakarta yang bergerak di bidang produksi dan distribusi beras.

Kunjungan ini dilaksanakan untuk belajar pengelolaan BUMD yang bergerak dibidang ketahanan Pangan. Terutama dalam distribusi dan produksi beras.

(Asp/Hk/Adpim)

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka