BerandaEkonomiDipengaruhi Cuaca, Harga Ikan...

Dipengaruhi Cuaca, Harga Ikan Laut di Pasar Bauntung Naik Turun

Terbaru

Banjarbaru – Belakangan ini, banyak pasokan ikan laut mengalami kenaikan harga seiring dengan tingginya permintaan serta cuaca iklim yang tidak menentu, di Pasar Bauntung Banjarbaru.

Kenaikan harga ini tentunya berpengaruh bagi para pedagang dan pembeli di pasar, dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka.

Salah satu pedagang setempat yang kerap disapa Mama Riza mengungkapkan, kenaikan harga tersebut dipengaruhi oleh jumlah ikan laut yang tersedia dari pemasoknya sendiri.

“Salah satunya ikan bawal, saya membeli ini dari harga 50 ribu dan dijual dengan harga 60 ribu, harga beli dari pemasok sendiri ini juga tergantung dari jumlahnya, jika banyak jumlahnya, maka harga bawal ini naik, begitu juga sebaliknya,” ungkapnya.

Kemudian Ijai salah satu pedagang lainnya mengatakan, naiknya harga ikan ini juga dipengaruhi oleh cuaca, dan hal tersebut yang menjadikan harga cenderung tidak menentu.

“Naiknya harga ini biasanya dipengaruhi oleh cuaca iklim yang sekarang tidak menentu. Karenanya, suplai ikan saat ini tidak menentu, itulah mengapa harga ikan tersebut mengalami kenaikan harga,” terangnya.

Ijai menyampaikan bahwa, naiknya harga tersebut berpengaruh pada sektor pemasaran, meningkatnya harga tersebut mengakibatkan sepi pembeli.

Sementara itu, salah satu pembeli ikan laut, Yani mengaku jarang membeli ikan karena naiknya harga tersebut.

“Saya sendiri menjadi jarang membeli ikan laut, namun saya berharap dengan keadaan ini saya masih dapat membelinya selagi pasokannya tetap ada,” pungkasnya.

Penulis : Maulana Kelompok 3 JC4 (Gilang, Syahidah, Fatimah, Zaneba, Raihan, Kirana)

Mentor : Teny Ariana

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka