BerandaEkonomiDari Usaha Anyaman Bisa...

Dari Usaha Anyaman Bisa Hasilkan Omzet Jutaan Rupiah

Terbaru

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu unsur penting dalam proses pergerakan ekonomi di suatu daerah, salah satunya di Kabupaten Balangan ada UMKM yang bergerak di bidang kerajinan khas Kalimantan Selatan yaitu Anyaman dari Tanaman Purun.

UMKM yang berada di Desa Teluk Karya Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan, berdiri sejak 2020 silam telah banyak memasarkan produknya ke berbagai daerah khususnya di Balangan dan kabupaten sekitar.

Risna Amalia Owner dari Karya Anyam menjelaskan untuk proses pembuatan satu kerajinan anyaman memakan waktu sampai satu hari dan bisa lebih tergantung dari bentuk dan ukuran dari kerajinan anyaman yang ingin dibuat.

“Lama prosesnya tergantung dari apa yang mau dibuat terkadang ada yang satu hari,” jelasnya saat dijumpai di tokonya, Minggu (07/05/23).

Ia melanjutkan untuk bahan baku dari pembuatan anyaman didapat dari kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), dan untuk bahan pewarna, menggunakan pewarna khusus sintetis untuk tanaman purun yang bisa di dapat dari toko rempah-rempah.

“Untuk taman purun kita dapat dari HSU dan untuk pewarnanya kita beli di toko rempah-rempah,” lanjutnya.

Ia menambahkan, untuk hasil dari kerajinan anyaman bisa berupa tas, topi, kotak tisu dan lain-lain serta memiliki harga yang bervariasi.

“Anyamannya bisa jadi topi, tas dan lainya,” tambahnya.

Untuk pengerjaan sendiri dilakukan bersama para ibu-ibu yang ada di sekitar toko sekaligus memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Semua proses dalam pembuatan anyaman kita lakukan bersama para ibu-ibu di Desa Teluk Karya,” lanjut Risna.

Ia menyebut untuk omset yang didapat dalam satu bulan bisa mencapai dua juta rupiah.

“Pendapatan dalam sebulan bisa mencapai dua juta tapi terkadang bisa satu juta rupiah,” katanya.

Terakhir Risna berharap agar bisa terus mendapatkan dukungan dan bantuan dari dinas dan pihak terkait dalam kemajuan UMKM di Kabupaten Balangan.

Pewarta: Muhammad Fadillah

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka