BerandaEkonomiBalangan siap lanjutkan menjadi...

Balangan siap lanjutkan menjadi pengekspor porang terbesar di Kalsel

Terbaru

BALANGAN – Bupati Balangan H Abdul Hadi  melakukan tanam perdana porang program “Pokar” (Porang-Karet) Balangan untuk Negeri, di Desa Mungkur Uyam Kecamatan Juai, Kamis (31/03).

Di katakan Bupati, sektor pertanian termasuk perkebunan akan menjadi pilar perekonomian terbesar setelah usainya era batubara.

Oleh karenanya, Bupati meminta untuk terus mengembangkan potensi dengan ekstensifikasi maupun intensifikasi, salah satunya dengan tumpang sari.

Dengan pengetahuan dan pengelolaan yang tepat, tumpang sari akan memberi peningkatan hasil yang signifikan dan berdampak mendorong perekonomian para Petani.

Di ketahui, Balangan saat ini adalah pemasuk porang terbesar khususnya di Kalsel. Sehingga H Abdul Hadi berharap agar mempertahankannya dengan meningkatkan produksi secara terus-menerus dan jangan sampai terkejar oleh daerah lain.

“Target ke depan kita pada tanam perdana ini untuk menjamin keberlanjutan Balangan sebagai kabupaten pengekspor porang satu-satunya di Kalimantan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Balangan,” kata Bupati Balangan.

Demi berhasilnya pertanian porang, sebut Bupati, pemerintah daerah akan melakukan pengawalan dalam mendampingi petani, sehingga program yang telah diluncurkan dapat terkontrol hingga ke masa panen.

“Kita melakukan launching program Pokar karena ada di antara masyarakat kita yang tidak mempunyai lahan terbuka tapi dia mempunyai kebun karet. Makanya kita launching supaya para petani yang memiliki kebun bisa menghasilkan pendapatannya melalui varietas tanaman lain,” sebutnya.

Terakhir H Abdul Hadi, bentuk dari keberhasilan tanam perdana porang pada program Pokar inilah yang digunakan nantinya sebagai upaya langkah pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Balangan.

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka