BerandaHabar BalanganAwal Tahun, BPBD Balangan...

Awal Tahun, BPBD Balangan Masih Fokus Tangani Covid-19 dan Siaga Bencana

Terbaru

BALANGAN,- Target vaksinasi Kabupaten Balangan sampai akhir tahun 2021 sangat mengembirakan, capaian vaksinasi mencapai 81,99 persen.

Plt Kepala BPBD Balangan yang juga Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Balangan, H Rahmi, Senin (3/1/2022) mengatakan, hal demikian tak terlepas dari peran semua pihak yang gencar melaksanakan vaksinasi dilapangan.

Bahkan menurutnya, dimalam tahun barupun masih dilaksanakan vaksinasi berjalan dimasyarakat.

“Alhamdulillah capaian vaksinasi Balangan masih diurutan nomor satu di bawah Banjarbaru, angka ini masih terus kami jaga dan tingkatkan,” ujarnya.

Untuk langkah kegiatan serta kebijakan di awal tahun, lanjut H Rahmi, Satgas Covid-19 Kabupaten Balangan masih menyesuaikan dengan arahan pusat, serta saat ini juga masih menunggu kebijakan terbaru dari pusat.

“Dalam dua atau tiga hari nanti kami akan menggelar rapat untuk menyikapi kebijakan dari pusat apa-apa saja langkah kedepannya terkait penanganan covid-19 ditahun 2022,” katanya.

Namun untuk penerapan serta pengetatan prokes masih terus dan harus dilaksanakan oleh masyarakat, karena dari pemberitaan yang ada kasus covid-19 varian baru sudah masuk ke beberapa wilayah Indonesia di antaranya di Surabaya dan Jakarta, jadi sebenarnya kasus Covid-19 masih belum berakhir.

Lebih lanjut disampaikan H Rahmi, terkait kegiatan vaksinasi masih terus digencarkan dimasyarakat dan nantinya kedepan akan menyasar lansia dan anak usia 6-12 tahun kemudian 16-18 tahun untuk dosis satu dan dua.

“Pada intinya langkah-langkah kebijakan dari pusat kedepannya satgas covid-19 siap melaksanakan,” ujarnya.

Sementara itu, saat ini untuk status PPKM Kabupaten Balangan masih berada dilevel 1, namun sudah berakhir diakhir tahun, dan di Januari akan ada lagi penilaian baru dari pusat untuk status PPKM terbaru.

“Kami masih menunggu penetapan terbaru PPKM selanjutnya,” ungkapnya.

Selain Covid-19, BPBD Balangan juga masih siaga terhadap kejadian bencana, karena berdasarkan perkiraan BMKG sampai bulan Februari Balangan masih dalam status musim hujan.

“Dua bulan kedepan kita masih siaga, karena potensi bencana masih berpeluang terjadi terutama banjir, namun alhamdulillah hingga akhir tahun meski hujan Balangan masih aman terhadap bencana, mudahan sampai berakhir musim hujan tidak ada lagi terjadi bencana,” pungkasnya

Trending Minggu Ini

Kamu mungkin juga suka